Algoritma dan Pemrograman
Algoritma atau algoritme sendiri dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah Prosedur sistematis untuk memecahkan masalah matematis dalam langkah-langkah yang terbatas, yang di maksudkan terbatas disini adalah meminimalkan prosedur tersebut karena semakin sedikit langkah-langkah dalam prosedur tersebut juga akan memudahkan kita dalam menyelesaikan suatu masalah.
Mulai banyak orang yang mempelajari bahasa pemrograman jadi ada baiknya jika kita memahami bagaimana cara menyelesaikan masalah terlebih dahulu sebelum di rubah kedalam bahasa pemrograman yang bisa di bilang lebih rumit, karena banyak permasalahan matematika yang mudah jika diselesaikan secara tertulis, tetapi cukup sulit jika kita terjemahkan ke dalam pemrograman. Dalam hal ini, algoritma dan logika pemrograman akan sangat penting dalam pemecahan masalah.
Penulisan Algoritma yang tidak baku memudahkan kita dalam memahami suatu alur penyelesaian masalah karena setiap orang dapat membuat aturan penulisan dan notasi algoritmik sendiri. Ada banyak cara dalam penulisan algoritma dapat berupa tulisan dan gambar, seperti:
- Algoritma PseudoCode
Menurut Wikipedia, PseudoCode adalah deskripsi tingkat tinggi informal dan ringkas atas algoritma pemrograman komputer yang menggunakan kesepakatan terstruktur atas suatu bahasa pemrograman dan di tujukan untuk dibaca oleh manusia bukan mesin.
Tidak ada aturan yang baku dalam penulisan PseudoCode namun PseudoCode ditulis menyerupai bahasa pemrograman sebenarnya dan biasanya ditulis berbasiskan bahasa pemrograman yang akan di gunakan nantinya, contoh: Basic, Pascal, C++, dll.
Bagian-bagian PseudoCode terdiri dari 3 hal:
- Deklarasi Program
Deklarasi yang dituliskan dengan struktur, dengan format penulisan: Program<NamaProgram>
- Kamus
Deklarasi variabel yang akan di gunakan dalam program, dengan format penulisan: <namaVariabel>: <Tipe_Data>
- Deskripsi Algoritma
Deklarasi bagaimana program itu berjalan, dengan format penulisan:
Assignment
nilai ← 20
Operasi
Jumlah ← nilaiA + nilaiB
Kurang ← nilaiA – nilaiB
Percabangan
if (a > 5) then
x ← 6
y ← 7
else
z ← 8
endif
Perulangan Metode While
while (a > 5)
x ← 6
y ← 7
Metode Do-While
do
x ← 6
y ← 7
while (a>5)
Input
input(a)
Output
output(a) / output(“Hello World”)
- Algoritma Flowchart
Flowchart adalah bagan-bagan yang mempunyai arus yang menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah. cara penulisannya pun di sisipkan kedalam simbol-simbol seperti:
- Simbol untuk menghubungkan simbol satu dengan simbol lainnya
- Simbol untuk memproses atau untuk mengolah
- Simbol untuk menunjukkan media input atau output
Sekian dari apa yang kita ketahui sebelum mempelajari bahasa pemrograman karena bahasa pemrograman sebenarnya sangat mudah kita pelajari jika kita mengetahui bagaimana alur penyelesaian yang ingin kita jalankan dan disinilah pentingnya membuat algoritmanya terlebih dahulu daripada kita mengetahui sebuah masalah dan langsung membuatnya dalam bentuk tulisan bahasa pemrograman.
Sumber:
https://www.academia.edu/8929745/Pengertian_PseudoCode_dan_Contohnya