• info_ftunpas@unpas.ac.id
  • 62-8111317193

10 Cara untuk Meningkatkan Daya Ingat

10 Cara untuk Meningkatkan Daya Ingat

Solusi mudah untuk meningkatkan daya ingat

Fakultas Teknik UNPAS – Seiring bertambahnya usia, kemampuan daya ingat bisa saja menurun, lemahnya daya ingat dapat memberikan dampak buruk bagi kinerjamu baik di sekolah maupun di tempat kerja. Namun bagaimana jika usia kita masih terbilang cukup muda untuk mengalami kepikunan.

Banyak faktor yang mempengaruhi kemampuan dalam mengingat sesuatu, salah satu faktor mengapa kita dapat mudah sekali lupa dikarenakan kita tidak menaruh perhatian lebih pada hal itu.

Selain itu daya ingat juga dipengaruhi oleh kesehatan dan vitalitas otak seseorang, oleh karena itu aneh rasanya jika kamu masih muda namun memiliki daya ingat yang lemah padahal kamu tidak memiliki penyakit serius yang mempengaruhinya.

Untuk menghindari hal tersebut, Fakultas Teknik UNPAS telah merangkum beberapa cara yang sangat ampuh dan sangat mudah untuk dipraktekkan dalam meningkatkan daya ingat.

1. Buat Catatan

Langkah pertama dan yang paling mudah adalah membuat catatan, teknik ini sangat umum dilakukan oleh hampir semua orang, apalagi jika berstatus sebagai mahasiswa dimana mencatat bukan lagi sebuah kewajiban namun sudah menjadi kebiasaan.

Penelitian terbaru yang dimuat di jurnal Psychological Science menyimpulkan bahwa menulis (mencatat) merupakan strategi yang lebih baik untuk menyimpan ide dalam waktu yang panjang.

Saat menulis dengan tangan dapat meninggalkan memori (daya ingat) pada bagian sensomotor ota yang membantu orang mengenal huruf dan membangun hubungan antara membaca dan menulis.

Kamu dapat mengadaptasi teknik mencatat cornell yang terbukti tidak hanya dapat membantumu belajar tapi juga meningkatkan daya ingat.

2. Gunakan Akronim

Akronim merupakan kependekan dari gabungan huruf atau suku kata, atau bagian lain yang ditulis dan dilafalkan sebagai kata yang wajar. Kamu mungkin pernah mendengar istilah Sembako (sembilan bahan pokok) dan Rudal (Peluru Kendali).

Penyebutan Sembako dan Rudal itulah yang dinamakan akronim, kamu dapat membuat istilah-istilah dari hal-hal yang kamu pelajari, semakin simple akronim yang kamu buat akan semakin cepat otakmu untuk mengingat hal tersebut.

3. Fokus pada materi

Berbeda dengan cara sebelumnya, fokus pada materi lebih ditekankan pada tingkat perhatianmu pada materi yang akan dipelajari. Kita sepakat bahwa mempelajari hal yang tidak kita sukai adalah sebuah kesia-siaan, bukan karena materinya tidak bermanfaat tapi karena memang kita tidak suka.

Namun kamu tidak memiliki pilihan lain selain mempelajari hal tersebut, jadi mau tidak mau kamu harus meluangkan waktu untuk memberikan perhatian penuh atas hal itu, dengan memberikan perhatian lebih kamu akan lebih mudah untuk mengingatnya.

4. Test Ingatanmu

Bagaimana cara menguji ingatan ?, cara termudah untuk mengujinya adalah dengan mengerjakan soal, kamu bisa mencoba mengerjakan beberapa soal atau kasus yang berhubungan dengan hal-hal yang berkaitan.

Kamu tentu menyadari bahwa mengingat wajah seseorang lebih mudah dari pada mengingat namanya, agar kamu selalu mengingat namanya kamu bisa melakukan tes pada dirimu sendiri dengan secara rutin membayangkan orang tersebut.

5. Review kembali

Berbeda dengan test ingatan, mereview atau mengulas kembali ingatan yang tersimpan dalam dirimu merupakan kegiatan untuk memastikan kembali apakah hal yang kamu ingat sesuai dengan yang telah kamu pelajari atau alami.

6. Ajarkan pada orang lain

Salah satu cara paling ampuh untuk mematri sebuah ingatan dengan cara menceritakan hal tersebut kepada orang lain. Jika yang perlu kamu ingat adalah materi belajar maka kamu harus mengajarkannya pada orang lain, atau setidaknya pada dirimu sendiri.

Itulah mengapa ilmu yang dimiliki oleh guru tak pernah lekang oleh waktu, untuk lebih mudahnya kamu dapat mulai menerapkan metode pembelajaran feynman. Metode Feynman termasuk metode yang terbukti ampuh untuk memudahkan mu dalam mempelajari sesuatu.

7. Bertanya

Kamu pasti pernah mendengar peribahasa “Malu bertanya sesat di jalan”, yups peribahasa itu terbukti benar adanya. Namun bertanya tidak hanya memberikan jawaban yang kamu inginkan tapi juga dapat memperkuat ingatanmu atas apa yang pernah kamu tanyakan.

Saat kamu bertanya maka secara enggak langsung kamu penasaran akan hal yang kamu tanyakan, dengan begitu secara tidak sadar otak akan menyimpan hal tersebut sebagai sesuatu yang penting.

8. Tidur yang cukup

Dilansir dari halodoc.com, saat tidur nyenyak, otak dapat merekam berbagai hal yang dipelajari dan dialami seharian kedalam ingatan jangka pendek. Hal ini memungkinkan otak memproses dan menguatkan daya ingat secara optimal.

Namun saat kamu kurang tidur proses tersebut akan terganggu dan dapat menghambat proses penyimpanan memori ke dalam ingatan jangka pendek, alhasil kamu akan mudah lupa.

9. Minum air putih

Apa hubungannya air putih dengan meningkatkan daya ingat ?, kita hanya tahu bahwa minum air secara rutin hanya berpengaruh pada ginjal yang ada di tubuh kita. Namun faktanya saat dehidrasi selain mengganggu metabolisme tubuh, ternyata bisa menyebabkan kamu tidak fokus.

Buku berjudul Mitos atau Fakta Air dan Hidrasi menyatakan bahwa kekurangan air 1% berat badan dapat menggangu kerja otak dan kemampuan berpikir, jika kekurangan air 2% maka dapat mengakibatkan penuruan konsentrasi dan daya ingat sesaat.

10. Buat Cerita

Apakah kamu sudah berimajinasi ?, okee mungkin usiamu sudah tidak mendukung dirimu untuk berimajinasi terlalu tinggi, tenang kamu tidak perlu ahli dalam membuat imajinasi namun kamu hanya membuat semua hal yang kamu alami dan pelajari menjadi sebuah cerita menyenangkan yang dapat kamu ceritakan ke orang lain.

Konsepnya sama seperti poin 6, coba kamu ingat kembali kenapa kamu bisa hafal nama-nama tokoh kemerdekaan, kamu mengingat kisah mereka, kamu ingat peristiwa penting yang mereka alami karena pada saat kamu mempelajarinya kamu disuguhkan dengan cerita seru yang membekas pada ingatanmu.

Kamu sudah mempraktekkan cara diatas namun tidak terjadi apa-apa ?, kamu tidak perlu khawatir karena otakmu perlu proses dalam menerima kebiasaan baru yang sedang kamu bangun saat ini, lakukan dengan santai dan jangan paksa dirimu untuk mengingat.

Ingat bahwa otakmu juga perlu istirahat dan tidak bisa diajak kerja keras terus menerus. Lakukan secara rutin, setelah beberapa minggu, kamu akan terbiasa dan tidak perlu khawatir lagi pada kemampuan dirimu dalam mengingat sesuatu.

Source :

https://republika.co.id/berita/trendtek/sains/14/02/09/n0psxq-menulis-bisa-perkuat-daya-ingat https://www.halodoc.com/artikel/daya-ingat-menurun-karena-kurang-tidur https://health.kompas.com/read/2016/03/16/190900823/Mengapa.Kurang.Minum.Bikin.Otak.Lemot.

>
Open chat
Hallo
Ada yang bisa kami bantu