Sejarah Jurusan Teknik Informatika Unpas

Jurusan teknik informatika unpas pasundan berdiri sejak tahun 1993 dengan SK Pendirian no 122/D/O/1993 . pada awal pendiriannya jurusan teknik informatika UNPAS bekerja sama dengan jurusan teknik informatika intstitut teknologi bandung (ITB) . Kerjasama diwujudakan berupa pembinaan dalam pengembangan kurikulum, bantuan staf pengajar sebagai dosen Pembina dan dosen luar biasa, program kuliah pencangkokan bagi staf muda penelitian , Kerjasama ini memberikan efek yang cukup besar dalam pengembangan jurusan teknik informatika baik dalam pengembangan kompetensi kurikulum , peningkatan jumblah kualitas staf pengajar dan laboratorium , serta pembentukan atsmosfir akademik yang lebih baik ,

Dalam perkembangan nya jurusan teknik informatika unpas mendapatkan kepercayaan yang makin besar dari konsumen yakni calon mahasiswa , kepercayaan tersebut terlihat dari meningkat nya jumlah dan kualitas mahasiswa baru . pada saat itu  jurusan teknik inforematika unpas mempunyai +-

603 mahasiswa dan kurikulum 2009 dengan system SKS yang sudah berbasis kompetensi , dimana jumblah total sks yang harus di ambil adalah 144 sks terdiri dari 119 sks muatan ini 25 sks muatan local , Diantara sks 144 tersebut , terdapat 16 sks untuk matakuliah pilihan yang harus di ambil dari 66 sks yang disediakan , matakuliah pilihan ini mencerminkan 4 macam jalur yang ditetapkan untuk dijadikan bidang unggulan di teknik informatika unpas , yaitu system informasi (SI) rekayasa perangkat lunak (RPL) jaringan computer (JAR) multimedia (MM) .

Meningkat nya minat calon mahasiswa juga di dukung oleh perkembangan teknologi informasi (IT) perkembangan it yang sangat pesat ini membuka banyak peluang kerja bagi banyak lulusan pada semua sector baik telekomunikasi , perbankan , industry , perdagangan , pemerintahan , pendidikan , entertainment dan sebagai nya .

Terbukannya pasar global juga akan berpengaruh terhadap persaingan dengan perguruan tinggi lain nya , baik dalam negri maupun luar negri , baik untuk jurusan yang sama maupun jurusan yang berbeda , makin maraknya sertifikas ketrampilan yang dikeluarkan oleh lembaga” vendor , seperti Microsoft , oracle adalah tantangan tersendiri bagi lembaga pendidikan formal ,  untuk itu jurusan teknik informatika universitas pasundan harus lebih memperkuat kompetensi , serta meningkatkan kualitas laboratorium , dan kualitas staf pengajar untuk menghasilkan jaringan alumni yang berkualitas , professional , dan mempunyai keunggulan ketrampilan .

Saat ini jurusan teknik informatika memiliki staff dosen tetap sebanyak 21 orang dan dosen tidak tetap sebanyak 37 orang , mayoritas dosen tetap seudah menempuh pendidikan S2 dan sesuai dengan bidang keilmuan teknik informatika. Kegiatan pembelajaran mata kuliah dikoordinir oleh seorang koordinator mata kuliah yang berasal dari dosen tetap yang bertugas mengkoordinir seluruh rangkaian pembelajaran termasuk koordinasi dengan dosen luar biasa dan kegiatan praktikum.

 

 

Perjalanan aktivitas Jurusan Teknik Informatika dari sejak berdiri hingga sekarang juga banyak mengalami kendala terutama dalam penyediaan sarana dan fasilitas laboratorium, Namun dengan mengoptimalkan sarana dan fasilitas yang ada, praktikum berjalan cukup baik dan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun , baik dalam jumlah maupun kualitas, saat ini laboratorium jurusan telah di lengkapi dengan fasilitas internet yang didukung internet yang dapat diakses oleh mahasiswa dan staff pengajar . namun , oleh karena keterbatasan dana jumlah computer yang disediakan masih kurang , saat ini ruangan kuliah dan fasilitas lain tersedia dengan kuantitas dan kualitas yang baik . hal ini memungkinkan untuk mengembangkan kegiatan-kegiatan akademik maupun ekstrakulikuler yang lebih baik ,

Produktivitas jurusan dalam menghasilkan lulusan adalah rata-rata sebesar 49 orang tiap tahun nya dan sampai saat ini telah dihasilkan 246 lulusan , IPK rata-rata lulusan sudah baik , yaitu 2,76 sedangkan rata-rata lama studinya masih tinggi , yaitu 6,01 tahun , hal ini disebabkan karena masa penyelesaian tugas akhir cukup lama , yaitu 3 semester . Produktivitas jurusan dari hasil karya penelitian dan publikasi masih cukup rendah , demikian juga dengan pengabdian pada masyarakat .

Dengan berbekal kekuatan yang dimiliki , berkat memperbaiki kelemahan yang mashi ada untuk , memanfaatkan peluang dan menangkis ancaman dan dengan memohon , pertolongan allah swt , Jurusan Teknik Informatika , percaya diri akan bisa mempertahankan keberadaan dan sekaligus meningkatkan performansi diri di masa masa yang akan datang .

Sumber Daya Manusia (SDM)

Sumber daya manusia yang sesuai dengan keahlian menjadi pendukung dalam keberhasilan organisasi.

Pengelolah Sumberdaya Manusia

Pengembangan sumberdaya dosen dengan peningkatan pengetahuan melalui seminar , kursus , magang , pelatihan kemampuan meneliti , pelatihan prakarsa mandiri , pelatihan menulis bahan ajar , peningkatkan profesionalisme kerja dan studi lanjut sekurang – kurangnya pada tingkat nasional .

Ketersediaan Dosen , Tenaga Administrative , Teknisi Dan Pendukung

Jurusan teknik informatika unpas memiliki 12 orang dosen tetap yayasan , 9 orang dosen tetap MKDU yayasan dan 37 orang dosen tidak tetap  mayoritsa dosen tetap sudah menempuh penidikan S2 dan sesuai dengan bidang keilmuan teknik informatika . Didukung oleh 24 karyawan tingkat jurusan dan fakultas serta Laboratorium dan Teknisi,

Mutu , kualitas Dan kesesuaian Sumber daya Manusia

Mutu dan staf pengajar sudah baik , beberapa diantaranya sudah menempuh pendidikan S3 dan mayoritas sudah S2 dan sesuai dengan bidang nya , (10 orang berlatar teknik informatika , 1 orang tekinik elector – telekomunikasi , dan 2 orang berlatar teknik indstri , 3 orang berlatar teknik dan science , 6 orang adalah dosen MKDU dan MK teknik ).