Sarana

 

1. Gedung Perkantoran

Fakultas Teknik memiliki gedung perkantoran yang cukup representatif sehingga memicu semangat kerja civitas akademika, gedung perkantoran yang terletak di Jl. Setiabudhi 193 Bandung memiliki fleksibilitas ruang yang memberikan kemudahan bagi penghuni  untuk membentuk ruangan menurut selera dan tak membatasi ruang geraknya.

Sebuah perkantoran yang telah memiliki nama besar di masyarakat baik dalam bentuk bentuk fisik, fasilitas bangunan, tingkat pelayanan, maupun kelebihan lain yang dimiliki akan lebih mudah menarik pengunjung. Sehingga tingkat hunian semakin tinggi dan berdampak kepada image Fakultas Teknik Unpas.

Gedung perkntoran Fakultas Teknik Unpas diperuntukkan berbagai acara seminar, kuliah umum, workshop yang dilengkapi sarana Wifi, Lift, AC, sarana parkir

fasilitas1_pagenumber.001

2. Gedung Perkuliahan

Fakultas Teknik Unpas memiliki ruang perkuliahan  13 ruang di Gedung B, 6 ruang di gedung C, Ruang perkuliahan lama 3 ruang, dan di gedung A ada  4 ruang, kapasitas  masing-masing ruang antara 30 – 60 mahasiswa. Untuk kenyamanan belajar mahasiswa ruang kelas dilengkapi dengan Wifi, Air Conditioner, CCTV, Pengharum ruangan, Infocus, U-point dan HDMI. Beberapa kelas dilengkapi perangkat Audio. Sebelum masuk kelas disediakan absensi finger, sehingga kehadiran dosen dan mahasiswa dapat dimonitoring, bisa melalui web, hp, dan monitor informasi yang tersedia di tempat-tempat strategis.

fasilitas1_pagenumber.002

upointer

cctv-banner-4

3. Gedung Perpustakaan

                Peranan Perpustakaan Fakultas Teknik Universitas Pasundan sebagai unit pendukung kegiatan akademik di Fakultas Teknik Universitas Pasundan, UPT Perpustakaan Fakultas Teknik Universitas Pasundan memiliki peranan dan tanggungjawab untuk menyediakan dan senantiasa meningkatkan kualitas penyediaan berbagai ragam informasi/pustaka terutama yang berhubungan dengan kegiatan akademik sivitas akademika Fakultas Teknik Universitas Pasundan dan pustaka yang bersifat memperkaya khazanah pengetahuan secara umum, di samping penyediaan berbagai fasilitas layanan informasi yang berfungsi meningkatkan kualitas dan kuantitas akses terhadap informasi, baik akses yang bersifat internal maupun eksternal.

Disamping peran dan tanggungjawab kepada sivitas akademika Fakultas Teknik Universitas Pasundan, UPT Perpustakaan sebagai suatu institusi juga memiliki tanggungjawab untuk membina hubungan baik dengan berbagai pihak, termasuk mitra kerja Fakultas Teknik Universitas Pasundan dan masyarakat luas. Sehingga ragam pustaka serta layanan UPT Perpustakaan Fakultas Teknik Universitas Pasundan selain ditujukan secara khusus bagi sivitas akademika Fakultas Teknik Universitas Pasundan juga diupayakan untuk dapat dimanfaatkan masyarakat luas yang memerlukannya.

Visi, Misi dan Tujuan Perpustakaan

Visi

Menjadi Perpustakaan yang unggul dengan menyediakan informasi dalam rangka mendukung penyelenggara pendidikan  tinggi teknik terkemuka menuju komunitas akademik peringkat internasional yang mengusung nilai Kesundaan dan Keislaman di tahun 2021

Misi

  1. Menjadikan Perpustakaan sebagai Perpustakaan yang unggul, mampu menjadi penghubung utama antara sumber informasi dengan pengguna Perpustakaan dengan mengusung nilai kesundaan dan keislaman.
  2. Menyediakan dan melayani informasi IPTEK secara cepat, aktual & relevan  dengan mengusung nilai kesundaan dan keislaman.
  3. Meningkatkan mutu layanan, prasarana dan teknologi terkini untuk mewujudkan lingkungan akademik yang sehat dan memikat agar dapat dimanfaatkan oleh civitas akademika Fakultas Teknik khususnya dan masyarakat pada umumnya dengan mengusung nilai kesundaan dan keislaman.

 

Tujuan

Menjadikan Perpustakaan sebagai pusat  layanan informasi dalam mendukung kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta menunjang pendidikan dan penelitian bermutu yang dilakukan melalui keunggulan jasa layanan serta akses yang inovatif dan efektif terhadap sumber informasi.

Perpustakaan adalah salah satu fasilitas yang disediakan oleh Fakultas Teknik untuk mendukung pada kelancaran kegiatan Proses Belajar Mengajar maupun kegiatan penelitian.

 

Fungsi Perpustakaan

Sebagai unsur penting penunjang kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, perpustakaan Fakultas Teknik Universitas Pasundan berada dibawah Fakultas yang bertanggungjawab langsung kepada pimpinan Fakultas mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Fungsi Informasi

Perpustakaan menyediakan berbagai macam informasi yang meliputi bahan tercetak, terekam maupun koleksi lainnya agar penggunaan perpustakaan dapat mengambil berbagai ide dari buku yang ditulis oleh para ahli dari berbagai bidang ilmu ,menumbuhkan rasa percaya diri dalam menyerap informasi dalam berbagai bidang serta mempunyai kesempatan untuk dapat memilih informasi yang layak sesuai kebutuhannya.

  1. Fungsi Pendidikan

Perpustakaan merupakan sarana pendidikan nonformal dan informal,artinya perpustakaan merupakan tempat belajar di luar bangku sekolahmaupun juga tempat belajar dalam lingkungan pendidikan sekolah. Melalui fungsi ini manfaat yang dapat diperoleh adalah agar pengguna perpustakaan mendapatkan kesempatan untuk mendidik diri sendiri secara berkesinambungan; untuk mengembangkan dan membangkitkan minat yang telah dimiliki pengguna.

  1. Fungsi Kebudayaan

Perpustakaan merupakan tempat untuk mendidik dan mengembangkan apresiasi budaya masyarakat. Sebagai fungsi kebudayaan maka perpustakaan dimanfaatkan pengguna sebagai rekaman budaya bangsa untuk meningkatkan taraf hidup dan mutu kehidupan manusia baik secara individu maupun kelompok,membangkitkan minat terhadap kesenian dan keindahan yang merupakan salah satu kebutuhan manusia terhadap cita rasa seni, mendorong tumbuhnya kreativitas dalam kesenian; mengembangkan sikap dan sifat hubungan manusia yang positif serta menunjang kehidupan antar budaya secara harmonis.

  1. Fungsi Rekreasi

Sebagai fungsi rekreasi maka perpustakaan dimanfaatkan pengguna untuk: menciptakan kehidupan yang seimbang antara jasmani dan rohani; mengembangkan minat rekreasi pengguna melalui berbagai bacaan dan pemanfaatan waktu senggang; menunjang berbagai kegiatan kreatif sertahiburan yang positif.

  1. Fungsi Penelitian

Sebagai fungsi penelitian maka perpustakaan menyediakan berbagai informasi untuk menunjang kegiatan penelitian yang meliputi berbagaI jenis maupun bentuk informasi itu sendiri.

  1. Fungsi Deposit

Sebagai fungsi deposit maka perpustakaan berkewajiban menyimpan dan melestarikan semua karya cetak dan karya rekam yang diterbitkan di wilayah Indonesia. Perpustakaan yang menjalankan fungsi deposit secara nasional adalah Perpustakaan Nasional.

fasilitas1_pagenumber.003

4. Laboratorium

fasilitas1_pagenumber.004

Dalam melengkapi sarana dan prasaran akademik Fakultas teknik memiliki laboratorium yang tersebar di masing-masing Program Studi sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Satu-satunya laboratorium yang dimiliki  Fakultas Teknik  yang pengelolaannya oleh fakultas adalah laboratorium bahasa inggris. Laboratorium bahasa inggris memiliki sarana dan prasarana praktikum baik audio dan vidio, dengan dosen yang memiliki kualifikasi dan berpengalaman pada bidangnya. Selain penggunaan laboratorium sebagai mata kuliah dasar bagi mahasiswa, juga digunakan sebagai sarana peningkatan kopetensi penguasaan bahasa inggris oleh mahasiswa, dosen dan umum.

4.1.1.  Laboratorium Teknologi Pangan

            Laboratorium Teknologi Pangan adalah sarana untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan praktikum, penelitian dan percobaan yang berorientasi pada profesi Teknologi Pangan. Praktikum merupakan salah satu bagian  dari kegiatan akademik yang  harus diikuti oleh mahasiswa Teknologi pangan khususnya dan mahasiswa Fakultas Teknik pada umumnya, untuk memenuhi salah satu syarat dalam kurikulum masing-masing Program Studi.

Laboratorium Teknologi Pangan memiliki laboratorium sebagai berikut :

  • Laboratorium Kimia Dasar
  • Laboratorium Kimia Analitik
  • Laboratorium Biokimia Pangan
  • Laboratorium Analisis Pangan
  • Laboratorium Mikrobiologi Pangan
  • Laboratorium Mesin dan Peralatan Industri Pangan
  • Laboratorium Uji Inderawi
  • Laboratorium Instrumentasi
  • Laboratorium Penelitian
  • Laboratorium Pengetahuan Bahan Pangan
  • Laboratorium Teknologi Pengolahan Pangan.
  • Laboratorium Komputer
  • Laboratprium Gambar Teknik

 

4.1.2.  Laboratorium Teknik Industri

            Untuk memenuhi akan kebutuhan  sarana praktek mahasiswa dan wadah bagi para dosen untuk melakukan  penelitian maka Program Studi Teknik Industri Unpas melengkapi diri dengan  beberapa buah laboratorium sebagai berikut :

  1. Laboratorium Komputer
  2. Laboratorium Fisika Dasar
  3. Laboratorium PSK & Ergonomi
  4. Laboratorium Sistem Produksi
  5. Laboratorium Statistik Industri
  6. Laboratorium Menggambar Mesin
  7. Laboratorium Perencanaan dan Peranc. Produk
  8. Laboratorium Simulasi Industri
  9. LaboratoriumPerencanaan Pabrik

 

4.1.3.  Laboratorium Teknik Mesin

            Pada sebuah perguruan tinggi teknik, disamping pendidikan dan pengajaran di dalam kelas diperlukan  juga adanya pelajaran  praktek baik di kampus (berupa praktikum, kerja studio atau bengkel, dsb) dan di luar kampus (berupa kerja praktek, kuliah kerja, KKN, dsb.)

            Untuk memenuhi akan kebutuhan  sarana praktek mahasiswa dan wadah bagi para dosen untuk melakukan  penelitian maka Program Studi Teknik Mesin  Unpas melengkapi diri dengan  beberapa buah laboratorium seperti diuraikan dibawah   ini :

  1. Laboratorium Gambar dan Perancangan
  2. Laboratorium Proses Manufaktur
  3. Laboratorium Fisika
  4. Laboratorium Metrologi Industri
  5. Laboratorium Pengukuran Teknik
  6. Laboratorium Uji Prestasi Mesin
  7. Laboratorium Teknik Produksi
  8. Laboratorium CAD/CAM
  9. Laboratorium Material Teknik
  10. Laboratorium Perancangan & Elemen Mesin (studio)
  11. Laboratorium Mekatronika

 

Prosedur Pendaftaran Praktikum

  1. Pastikan matakuliah praktikum ini sudah dikontrak dalam perwalian.
  2. Daftarkan diri di SSC untuk melakukan pembayaran praktikum. Besarnya biaya praktikum dapat dilihat pada papan pengumuman program studi.
  3. Daftar ulang praktikum di Laboratorium. Diskusikan jadwal praktikum dengan teman sekelompok dan atur jadwal itu agar tidak bentrok dengan jadwal perkuliahan.
  4. Ingat secara baik-baik jadwal praktikum yang telah didaftarkan dan datang 15 menit sebelum praktikum dimulai.

Pendaftaran praktikum selesai.

 

4.1.4.  Laboratorium Teknik Informatika

            Laboratorium Teknik Informatika adalah sarana untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan praktikum, untuk memperagakan atau penerapan  teori-teori yang  diperoleh  dari kuliah dan melatih mahasiswa untuk menguasai  berbagai metode dan teknik mengenai teknik informatika.

Laboratorium IF melayani kurang lebih  29 Mata Praktikum. Di Teknik Informatika nilai praktikum menyatu dengan nilai mata kuliah yang berpraktikum. Syarat kelulusan Praktikum adalah nilainya >=55. Jika nilai praktikum seorang mahasiswa kurang dari 55, maka  jika mata kuliahnya tidak lulus sehingga dia harus mengulang, maka  mengulangnya mata kuliah hanya bisa dilakukan di semester reguler (TIDAK BOLEH DI SEMESTER PENDEK) dengan mengambil kembali juga praktikumnya.

 

Dalam operasionalnya ada beberapa prosedur yang harus diketahui oleh mahasiswa yaitu  :

  1. Perubahan nilai praktikum
  2. Ujian Praktikum
  3. Pelaksanaan Praktikum

 

  1. Registrasi Praktikum

       Registrasi praktikum dilakukan setiap awal praktikum akan dimulai pada setiap semester yang berjalan.  Registrasi praktikum ini harus dijalankan oleh setiap mahasiswa, karena jika mahasiswa tidak melakukan registrasi dan kontrak praktikum maka mahasiswa tersebut tidak akan terdaftar dalam peserta praktikum dan tidak akan memperoleh nilai praktikum.

 

  1. Mahasiswa melihat praktikum, di lantai 6 atau di ruang SSC lantai 1
  2. Masuk ke portal IF-UNPAS (http://if-unpas.org)
    1. Login sebagai praktikan (jika lupa hub. TU Lab. T. Informatika)
    2. Ambil matakuliah praktikum yang akan diikuti ( menu Registrasi -> Add Matkul)
    3. Perhatikan jumlah total yang harus di bayar yang tertera di layar.
  3. Masuk portal akademik (http://www.unpas.ac.id/teknik/akademik)
    1. Lakukan kontrak praktikum (seperti saat kontrak mata kuliah)
    2. Tidak perlu melakukan perwalian
  4. Bayar praktikum ke Student Service Center (SSC) Fak. Teknik di lantai 1.
  5. Registrasi fisik ke TU Lab. T. Informatika lt. 6 (Ibu Puspasari)
    1. Bawa bukti bayar dari SSC
    2. Serahkan ke petugas TU Lab. T. Informatika
    3. Petugas akan mensahkan registrasi di sistem Lab
    4. Form bukti bayar dari SSC di paraf oleh petugas TU Lab. T. Informatika
    5. Bila perlu minta bukti registrasi dari Lab T. Informatika
  6. Masuk ke portal IF-UNPAS (http://praktikum.if-unpas.org)
    1. Login sebagai praktikan
    2. Ambil jadwal praktikum (menu Registrasi à Jadual)
    3. Perhatikan apakah sudah registrasi ke TU Lab ( Bila belum, akan ada peringatan, dan menu Cari Jadual tidak akan muncul)
    4. Jadual tidak ada yang cocok/bentrok, kontak TU Lab Informatika

 

  1. Registrasi Hotspot

Registrasi hotspot dilakukan jika mahasiswa Teknik Informatika ingin memanfaatkan fasilitas koneksi internet yang disediakan oleh Jurusan Teknik Informatika.  Pendaftaran hotspot dapat dilakukan setiap saat di TU Lab Informatika.

  1. Mahasiswa mengisi form pendaftaran yang disediakan di TU Lab Informatika
  2. Petugas akan melakukan entry data mahasiswa

 

  1. Registrasi Pengguna MSDNAA

Program Studi Teknik Informatika menyediakan fasilitas bagi mahasiswa berupa penggunaan produk-produk Microsoft secara resmi dan legal (kecuali Microsoft Office).

  1. Mahasiswa mengisi form yang disediakan di TU Lab Informatika
  2. Mahasiswa menunggu konfirmasi dari admin melalui email.

4.1.5.  Laboratorium Teknik Lingkungan

Program Studi Teknik Lingkungan dilengkapi dengan laboratorium sebagai  berikut :

  1. Laboratorium Kualitas Air, digunakan untuk analisis kualitas air minum maupun air buangan. Selain itu laboratorium digunakan untuk penelitian  dosen dan Tugas Akhir mahasiswa  di bidang pengolahan air minum dan air buangan. Laboratorium ini dilengkapi pula dengan peralatan Jar Test, Conductivitimeter, DO meter dan sebagainya.
  2. Laboratorium Mikrobiologi Lingkungan
  3. Laboratorium Buangan Padat

 

            Ketiga laboratorium terus dikembangkan sampai sekarang  dengan melengkapi fasilitas peralatan yang dibutuhkan. Kapasitas ruang laboratorium dapat digunakan untuk 30 mahasiswa ditambah ruang khusus untuk penelitian Tugas Akhir mahasiswa.

            Penelitian-penelitian yang dapat dilakukan di laboratorium adalah sebagai berikut :

  • Penelitian-penelitian di bidang pengolahan air bersih dan air buangan baik secara fisik, kimia, dan biologi.
  • Penelitian-penelitian di bidang persampahan dan buangan padat.

5.1.6.  Laboratorium Teknik Planologi

            Penerapan teori di bidang Perencanaan Wilayah dan Kota yang diperoleh  di bangku kuliah dilaksanakan  melalui beberapa  mata kuliah studio. Dalam mata kuliah studio ini diterapkan  teori-teori perencanaan untuk merumuskan  perencanaan pada wilayah / kota  yang menjadi kasus studi. Dalam hal ini Wilayah/Kota yang merupakan  Kasus Studi dianggap sebagai  “Laboratorium’ Perencanaan Sebagaimana  lazimnya ‘Laboratorium’, maka akan  dilakukan pengamatan  terhadap obyek melalui yang diteliti dapat merupakan  masalah transportasi, masalah perumahan, kependudukan, struktur kota dll. Hasil survey/observasi tersebut selanjutnya  akan diolah dan dibahas di studio.

Studio yang terdapat  di Program Studi Teknik Planologi adalah sebagai berikut :

  1. Studio Proses Planologi (semester II)
  2. Studio Perencanaan Transportasi (semester V)
  3. Studio Perencanaan Kota (semester VI)
  4. Studio Tata Letak Perumahan (semester VI)
  5. Studio Tata Letak Kawasan Khusus (semester VII)
  6. Studio Perencanaan Wilayah (semester VII)

Untuk mendukung kegitan studio, maka Teknik Planologi memiliki ruang studio berbasis komputer yang dilengkapi dengan hardware dan sofwarenya yang memadai.

 

 

 

fasilitas1_pagenumber.005

5. Sarana Umum

Asrama mahasiswa (Rusunawa), adalah sebuah bangunan besar yang memanjang  sebagai sarana penunjang mahasiswa yang rumahnya jauh mereka bisa tinggal di asrama dengan menyewa kamar setiap bulannya dikenakan uang sebesar 250 rb dengan berbagai fasilitas lengkap didalamnya, seperti Pasundan Mart, Mesjid, Tempat Parkir, Klinik yang dilengkapi ambulan, Bank yang dilengkapi ATM, Kantin, dan Monitor Informasi ditempat-tempat strategis,

Slide2

 

 

Categories : Standar 6