Fakultas Teknik di Perguruan Tinggi Masih jadi yang Terbaik.

Di Indonesia, ada dua Fakultas dan jurusan yang cukup populer di kalangan pelajar SMA. Jurusan pertama adalah Kedokteran. Puluhan ribu siswa SMA rela belajar mati-matian untuk masuk jurusan ini karena profesi dokter dianggap memberikan cukup banyak peluang di masa depan.

Jurusan kedua yang menjadi incaran oleh anak SMA dan sebagian besar pelajar SMK adalah jurusan teknik (Fakultas Teknik). Dengan jenis yang beragam, para calon mahasiswa ini bisa memilih jurusan yang sesuai dengan keinginannya dan kemampuannya.

Nah, di zona jurusan teknik sendiri, ada beberapa tingkatan yang diurutkan berdasarkan minat dari calon mahasiswa. Jurusan itu terdiri dari Teknik Mesin, Teknik Informatika, Teknik Perkapalan, dll. Di fakultas Teknik UNPAS sendiri memiliki beberapa Jurusan/Program Studi, diantaranya Teknik Industri, Teknologi Pangan, Teknik Mesin, Teknik Informatika, Teknik Lingkungan dan Teknik Planologi (Perancangan Wilayah dan Kota).

Fakultas teknik ada dasarnya sama di mana pun tempatnya entah itu Fakultas Teknik UNPAS, teknik UNISBA, Teknik ITB, Teknik Telkom Universiti, dan lainnya selalu susah untuk ditembus. Mengapa? Karena saingannya cukup banyak.

Fakultas teknik  dianggap sebagai Fakultas terbaik karena memiliki banyak kelebihan. Oleh karena itu, untuk bisa masuk ke Fakultas Teknik ini calon mahasiswa harus bersaing dengan ribuan orang yang menginginkan posisi yang sama.

Untuk mengenal lebih jauh tentang Fakultas Teknik khususnya yang ada di UNPAS (Universitas Pasundan Bandung) simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Mengapa Harus Teknik?

Beberapa calon mahasiswa ada yang sejak awal memang ingin masuk ke Fakultas ini dan ada yang ikut-ikutan saja. Karena tidak tahu akan kuliah di fakultas dan jurusan apa, mereka akhirnya asal ikut ujian. Kalau di kemudian hari mereka kerasan dan bisa mengikuti kuliah dengan baik mungkin tidak malah. Nah, kalau yang terjadi sebaliknya? Pasti akan merugikan diri sendiri.

Sebelum memutuskan untuk masuk ke jurusan-jurusan yang ada di Fakultas Teknik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Simak ulasan tentang alasan memilih kuliah di teknik berikut ini.

  1. Prospek Pekerjaan yang Bagus

Tidak bisa dipungkiri lagi kalau alasan utama mengapa TEKNIK adalah tentang prospek kerjanya. Saat ini lulusan teknik dilirik oleh banyak perusahaan yang ada di Indonesia dan perusahaan internasional. Meski baru fresh graduate, perusahaan mau saja merekrut dan menempatkannya di posisi strategis.

Lebih lanjut, peluang mendapatkan gaji yang cukup besar dari peminatan ini juga terbuka lebar. Jadi, kalau ingin hanya bekerja di kantoran, di depan laptop, dan mendapatkan penghasilan lebih, Teknik ini bisa dijadikan pilihan yang tepat.

  1. Bisa Bekerja di Mana Saja

Lulusan teknik yang memiliki kemampuan baik dan bisa berbahasa Inggris dengan lancar, kesempatan kerjanya bisa sampai ke luar negeri. Saat ini ada banyak perusahaan dengan basis IT dan non IT yang mencari lulusan (sarjana Teknik) terbaik di seluruh dunia.

Kalau lulusan teknik di Indonesia memiliki kemampuan yang setara dengan lulusan dari luar negeri, mereka juga bisa bersaing. Bekerja di luar negeri dengan gaji yang besar serta jenjang karier yang jelas bukanlah sebuah impian.

  1. Bisa Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Tidak semua lulusan teknik mau bekerja dengan orang lain dan memiliki jenjang karier yang bagus. Banyak sekali lulusan sarjana teknik yang memiliki idealisme tinggi. Akhirnya alih-alih menjadi pegawai, mereka lebih senang menciptakan lapangan pekerjaan untuk dirinya sendiri dengan membangun startup/wirausaha mandiri..

  1. Konsultan

Saat ini jumlah konsultan di Indonesia jumlahnya belum terlalu banyak. Kesempatan yang besar ini harus dimanfaatkan dengan baik. Kuliah di teknik akan memudahkan lulusannya mendapatkan posisi ini dengan mudah. Saat ini konsultan ahli dibutuhkan oleh perusahaan besar agar sistem informasi dan teknis di perusahaannya berjalan dengan lancar.

Kalau pun Anda tidak ingin menjalankan profesi konsultan ini secara full time, freelance consultant juga banyak diminati. Jadi, sembari membangun perusahaan sendiri, Anda bisa memiliki pekerjaan sampingan yang sama-sama menguntungkan.

  1. Menciptakan Lapangan Pekerjaan untuk Orang Lain

Pada poin tiga kita sudah menulis kalau jurusan ini bisa menciptakan lapangan pekerjaannya sendiri. Kalau pekerjaan yang dimulai akhirnya bisa berkembang dengan pesat, kenapa tidak menarik orang lain yang sevisi atau satu misi?

Saat ini banyak perusahaan yang menarik lulusan terbaik untuk bergabung dan mengembangkan perusahaan. Kalau orang lain bisa melakukannya, Anda juga harus bisa melakukannya juga.

Nah, sekarang sudah tidak bingung lagi kan dan mengapa Anda harus mengambilnya. Semoga ulasan di atas bisa digunakan sebagai rujukan khususnya kalau ingin bersaing masuk ke Fakultas Teknik Universitas Pasundan Bandung.

Teknik Jaya, Teknik Hebat. SIAPA BILANG KULIAH DI TEKNIK LAMA?