About Us

 

Perguruan tinggi memiliki peran yang sangat besar dalam pembangunan bangsa. Melalui fungsi transformasi sumberdaya manusia, Iptek dan sosial, perguruan tinggi menempati posisi yang strategis dalam perubahan masyarakat. Bangsa Indonesia saat ini sedang menghadapi tantangan besar dengan telah diberlakukannya era perdagangan bebas dan era globalisasi.

Perkembangan masyarakat yang begitu pesat dalam berbagai aspek kehidupan sebagai dampak dari kebutuhan hidup, pembangunan dan globalisasi menuntut penyelesaian yang sistematik dan terus menerus dalam menjawab tantangan kebutuhan jenis dan kualitas sumberdaya manusia. Dalam era globalisasi, pendidikan tinggi akan mengalami kecenderungan perkembangan yang amat cepat dan dinamis sebagai konsekuensi dinamika peluang dan tantangan yang harus dihadapi baik dalam skala lokal, nasional, maupun internasional. Oleh karena itu Fakultas Teknik Universitas Pasundan harus mampu menjawab tantangan masa depan tersebut dengan melaksanakan tugas, fungsi dan peran sebaik-baiknya. Agar upaya yang dilaksanakan dalam kurun waktu empat tahun mendatang sesuai dengan kondisi dan perkembangan Fakultas secara akurat, maka perlu disusun rencana strategis dan rencana operasional.

Tahun 2012 menjadi tonggak perubahan arah pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia dengan diterbitkannya Undang-Undang Nomor 12 tentang Pendidikan Tinggi. Berbagai ketentuan dan rambu-rambu pada Undang-Undang tersebut sangat mempengaruhi arah pengembangan perguruan tinggi di Indonesia, termasuk Fakultas Teknik Universitas Pasundan. Pokok-pokok pengembangan Fakultas Teknik 2012-2021 menggambarkan arah pengembangan jangka panjang yang mengacu pada Universitas Pasundan, termasuk di dalamnya tahapan sasaran pengembangan yang diturunkan dalam bentuk kebijakan umum arah pengembangan Fakultas setiap 4 tahun.

Dalam penyelenggaraan Tri Dharma perguruan tinggi, Fakultas Teknik Universitas Pasundan membutuhkan panduan yang memuat arahan, capaian dan tolok ukur keberhasilan yang tertuang dalam suatu Rencana Strategis (Renstra) untuk mengelola pengembangan Fakultas dengan sebaik-baiknya dalam menghadapi masa depan yang penuh tantangan, laju perubahan cepat, serta tuntutan masyarakat yang lebih maju. Renstra diharapkan mampu mengantisipasi dinamika perubahan dan perkembangan internal maupun eksternal dan mampu menjawab berbagai isu strategis yang akan dihadapi fakultas teknik. Diharapkan semua warga fakultas teknik dapat memahami dan melaksanakan Renstra pada bidang dan unit kerja masing-masing.

Latar Belakang

Universitas Pasundan berdiri pada tanggal 14 Nopember 1960 di bawah naungan Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan yang merupakan salah satu unit garapan organisasi kemasyarakatan Paguyuban Pasundan.

Paguyuban Pasundan sebagai organisasi induk didirikan pada tahun 1914 yang esensi dan eksistensinya turut mencerdaskan kehidupan dan kesejahteraan bangsa Indonesia.

Pada saat berdirinya, Universitas Pasundan didukung oleh kehadiran dua fakultas, yakni Fakultas Hukum dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Pada tahun 1961 dibuka fakultas baru yaitu Fakultas Teknik dengan 2 jurusan: Jurusan Teknik Produksi dan Teknologi Makanan. Jurusan Teknik Produksi selanjutnya diubah menjadi Teknik Industri, sedangkan Teknologi Makanan menjadi Teknologi Pangan. Pertengahan dasawarsa 70-an kembali dibuka fakultas baru, yakni Fakultas Ekonomi dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pada era 90-an didirikan Fakultas Ilmu Seni dan sastra. Visi Universitas Pasundan adalah : Menjadi Komunitas akademik peringkat internasional yang mengusung nilai Sunda dan Islam di tahun 2021.

Sedangkan misinya sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi bertaraf internasional.
  2. Mewujudkan penelitian bertaraf internasional.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan martabat manusia.
  4. Menjaga, memelihara dan mengembangkan budaya Sunda.
  5. Menjaga, memelihara dan mengembangkan Syi’ar Islam

Universitas Pasundan memuliakan serta mengamalkan nilai-nilai luhur agama Islam dan budaya Sunda. Nilai-nilai Islam dan Kesundaan merupakan sumber inspirasi dan motivasi dalam pencapaian visi Universitas Pasundan. Universitas Pasundan saat ini memiliki 7 Fakultas salahsatu diantaranya adalah Fakultas Teknik.

Fakultas Teknik Universitas Pasundan mempunyai 6 program studi, yaitu: Teknik Industri, Teknologi Pangan, Teknik Mesin, Teknik Informatika, Teknik Lingkungan dan Teknik Planologi. Dosen tetap Fakultas Teknik berjumlah 113 orang yang terdiri dari :

  1. 9 dosen berkualifikasi guru besar (7,9%)
  2. 26 dosen berpendidikan doktor (23%)
  3. 60 dosen berpendidikan magister (53,1)
  4. 18 dosen berpendidikan sarjana/sedang melanjutkan studi S2 (16,1%)

 

Landasan Hukum

Renstra 2012-2016 ini disusun mengacu kepada peraturan perundang-undangan sebagai berikut :

  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
  2. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

 

Categories       :     Standar 1